Cara Mengetahui Status Domain Bekas Atau Tidak

Cara Mengetahui Status Domain Bekas Atau Tidak, membeli top level domain dan menggunakannya sebagai alamat dari blog kita tentu merupakan hal yang baik. Dengan menggunakan top level domain akan membuat blog kita jadi kelihatan lebih profesional. Selain itu menggunakan top level domain juga memiliki keuntungan tersendiri seperti artikel-artikel kita tidak mudah disingkirkan dari halaman pertama google. Dan juga jika terjadi suatu pelanggaran, google tidak bisa seenaknya menghapus blog kita karena sudah menggunakan domain sendiri. Beda jika kita masih menggunakan subdomain milik google, jika terjadi pelanggaran di blog kita maka blog kita tidak segan-segan akan dihapus oleh pihak google.

Dalam membeli domain ternyata ada juga istilah domain baru dan domain bekas. Tentu kita semua tidak ingin jika ternyata domain yang kita beli ternyata merupakan sebuah domain bekas. Untuk itu melalui artikel ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai tips cara mengetahui status domain bekas atau tidak. Semoga informasi yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan bisa membantu kita dalam memilih domain yang tepat agar tidak salah dengan membeli domain bekas.

Ketika membeli domain terkadang kita memilih nama yang unik. Namun ternyata nama unik tersebut terkadang sudah pernah digunakan orang lain sehingga bila kita menggunakannya lagi maka domain tersebut sudah bisa di bilang domain bekas. Untuk mengetahui status domain bekas atau tidak tidaklah mudah. Saat pertama membeli domain sendiri kita tidak pernah diberi keterangan mengenai status domain kita. Untuk itu kita perlu mencari tahu sendiri sebelum membeli domain tersebut yaitu dengan mengunjungi situs penyedia layanan berupa arsip dari domain.

cara mengetahui status domain bekas atau tidak
Picture by Google
Permasalahan domain bekas sendiri biasanya karena sebelumnya ada pengguna yang menggunakan domain dengan nama yang sama seperti yang kita pilih tetapi sudah tidak digunakan lagi. Yang jadi masalah adalah bagaimana jika domain bekas yang kita gunakan sekarang ini pernah digunakan untuk hal-hal yang tidak benar atau bahkan pernah menerima penalty dari google, tentu hal ini sangat mengkhawatirkan. Kita sudah susah payah mengeluarkan uang untuk membeli sebuah domain namun ternyata yang kita dapat adalah sebuah domain bekas dengan reputasi yang buruk.

Berawal dari kunjungan ke blog sahabat saya Ibrahim M.Pd.I pemilik dari blog www.terwujud.com. Di sini saya menemukan sebuah artikel mengenai cara aman membeli domain. Dari sinilah saya terinspirasi untuk membuat sebuah tulisan dengan tema yang sama karena saya rasa informasi yang disajikan cukup bermanfaat. Nah sobat informasi tersebut berupa informasi mengenai cara mengetahui status domain bekas. Jika anda penasaran bagaimana caranya, silahkan saja anda ikuti langkah pada tips cara mengetahui status domain bekas atau tidak berikut ini.

Cara Mengetahui Status Domain Bekas Atau Tidak


1. Pertama-tama kita harus mengunjungi website penyedia layanan berupa data arsip dari domain di http://web.archive.org.

2. Selanjutnya kita tinggal memasukkan URL dari domain yang ingin kita cek status nya.

3. Selanjutnya silahkan kita pilih browse history dan tunggu hasilnya.

4. Nanti akan muncul deret tahun-tahun dan akan ada garis vertikal pada tahun saat domain tersebut digunakan.

5. Jika cuma ada keterangan saved 1 times dan hanya ada satu garis vertikal pada tahun saat kita menggunakan domain tersebut berarti itu bagus. Karena kita lah yang pertama kali menggunakan domain tersebut dan berarti domain yang kita gunakan bukanlah domain bekas.

6. Jika ternyata hasilnya lebih dari satu maka anda perlu khawatir, karena berarti domain yang kita gunakan merupakan domain bekas. Silahkan kita pilih tahun pengguna sebelumnya dan pilih tanggal saat domain tersebut digunakan. Disini kita akan diberi tahu digunakan untuk apa domain kita sebelumnya dan berharaplah agar domain kita mempunyai reputasi yang baik.

7. Jika ternyata domain yang kita gunakan adalah domain bekas maka cek juga apakah pernah mengalami google penalty atau tidak. Untuk mengeceknya silahkan baca artikel saya mengenai tips cara mengetahui blog terkena google penalty atau tidak. Jika ternyata pernah mengalami google penalty maka pertimbangkanlah untuk mengganti domain baru yang benar-benar baru.

Nah Sobat sekalian, itulah sedikit informasi mengenai tips cara mengetahui status domain bekas atau tidak. Semoga informasi yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Selain itu baca juga informasi bermanfaat lainnya mengenai tips cara mengecek dead link dengan mudah. Terima kasih atas kunjungan anda dan have a wonderful day.

0 komentar:

Post a Comment